Macam-Macam Bus & Fungsinya

,

Baca Juga :


PENGERTIAN BUS

Dalam arsitektur komputer, sebuah BUS adalah sebuah subsistem yang mentransfer data atau listrik antar komponen komputer di dalam sebuah komputer atau antar komputer. Tidak seperti hubungan titik-ke-titik, sebuah bus secara logika dapat menghubungkan beberapa alat dalam satu set kabel yang sama. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik, kartu, atau kabel bersamaan.

Bus komputer awal merupakan bus listrik paralel dengan banyak hubungan, tetapi istilah ini sekarang digunakan untuk pengaturan fisik yang menyediakan fungsi logika yang sama dengan sebuah bus listrik paralel, dan dapat dihubungkan dengan kabel dalam sebuah topologi multidrop atau daisy chain atau dihubungkan oleh hub switch, seperti dalam kasus bus USB.

BAGIAN - BAGIAN BUS BESERTA FUNGSINYA  

Fungsi bus : sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. Setiap bus mendefinisikan set konektornya ke alat colok fisik, kartu, atau kabel bersamaan.

Data bus 
:  jalur – jalur perpindahan data antar modul dalam sisterm computer. Karena pada suatu saat tertentu masing – masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja system secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, maksudnya adalah CPU dapat membaca dan menerima data melalu data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16 atau 64 jalur parallel.

Address bus untuk menandakan lokasi sumber atau tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 jalur parallel.

Control bus  untuk mengidentifikasi alamat Bus. Control bus terdiri atas 4 sampai 10 jalur parallel.

2 comments

JerrySky said...

http://nifan10.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-bus-dan-jenis-jenis-bus.html

Eko Sutrisno said...

Thx gan for informasi
http://foto-indonesia-sexy-model.blogspot.com/2016/02/foto-pricyla-neva-di-majalah-popular.html