Cara Membuat E-Book/Epub Dengan Sigil

,

Baca Juga :

 
Hai,  Selamat datang pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana  cara membuat ebook dengan format epub, sebelum kita bahas cara membuatnya kita harus tau, Apa itu epub ?
(Epub adalah kependekan Electronic Publication),disini saya akan membuat epub dengan mengunakan aplikasi Sigil.Sigil ini termasuk aplikasi yang open source.
Baiklah kita langsung aja ke TKP...................

 
            Pertama dan yang paling utama adalah kalian tuliskan/membuat meteri untuk ebooknya (masa membuat buku tidak ada yang akan materinya sama sekali ) atau buka materi jika sudah mempunyai sebelumya, apa yang akan kalian jadikan ebook dengan mengunakan Ms office word(2003,2007,2010 atau 2013). Setelah kalian selesai menulis/membuka materi untuk ebook nya seperti yang terlihat di bawah ini.


 
 
 
 
Selanjutnya kita akan menyimpanya dengan format html dengan cara klik Save As > Other format > web page filter (html) . Gnanya menjadikan html supaya dapat kebaca oleh aplikasi sigil karena aplikasi sigil tidak dapat membuka file dengan format dokumen seperti doc.






Maka akan muncul seperti pada gambar klik saja yes

 
 
 
 
Dan tamplinya akan berubah seperti dibawah ini. stetelah itu tutup dokumen dan akan lanjut ke aplikasi sigil.
 
 
 
 
 
Klik aplikasi sigil yang sudah anda download dan install
 
 
 
 
 
Ini dia tampilan pertama pada sigil
 
 
 
Selanjutnya kita akan membuka file html yang kita buat tadi.
 
 
 
Setelah itu tampilanya akan seperti gambar di bawah ini( disini saya lansung mengunan covernya) jika di dokumen kalian tidak ada covernya kalian bisa menambahnya dengan cara klik" Tool > add Cover (gambar format png)
 
 
 
 
Sekarang kita akan menyusun daftar isinya dengan cara klik pada setipa awalan judul , contoh : misalkan Daftar Isi h1,Kata Penantar h1, BAB 1 h2 dan Materi selanjutnya H2, BAB 2 h3 dan seterusnya






Setelah selesai membagi dan menyusun daftar isinya, senjutnya kita akan menyimpan ke daftar isi dengan cara klik " Tool > table of contents > generate table of contents "
 




Pada jendela di atas langsung aja klik "OK" maka akan muncul pada Daftar Isi sisi kanan,seperti pada gambar di bawah. ini adalah tahap terakhir dalam pembuatan ebook.







Langkah terakhir adalah kita tingga menyimpanya dan siap untuk dibaca dan masukan di daftar bacaan kalian .

Bagaimana mudahkan cara membuat ebook.epub dan bisa langsung memperaktekanya di rumah.

Mungkin cukup sekian dari saya jika ada kesalahan dan apapun itu bentuknya bisa koment aja. dan semoga bermanfaat.
 
 
 







2 comments

Anonymous said...

keren min artikelnya ini, bermanfaat sekali...
obeng set

Jufri Derwotubun said...

mantap artikelnya min bermanffat, ane izin pelajari ilmunya min