Tips Memilih Nama Domain untuk Berbisnis

,

Baca Juga :

Tips Memilih Nama Domain untuk Berbisnis - Nama domain adalah kelengkapan dari suatu website profesional. Mendapatkan sebuah nama domain yang kita inginkan tentu tidak mudah, terlebih jika kita harus bertanding dengan jutaan orang di seluruh dunia untuk memperebutkan nama domain yang diinginkan. Begitu pentingnya sebuah nama domain sangat dirasakan oleh sebuah bisnis yang memiliki website sebagai media informasi atau promosi mereka.
Nama domain dari sebuah bisnis, bisa menjadi nilai profesional bagi siapa saja yang mengetahuinya. Nama domain bisa menjadi suatu identitas tersendiri bagi pemilik atau pelaku bisnis. Maka dari itu, nama domain akan segera dibeli setelah mereka meresmikan nama perusahaan atau nama bisnisnya. Karena jika nama domain yang diinginkan telah di klaim oleh orang lain, maka kita tidak bisa memiliki duplikatnya. Lalu bagaimana memilih nama domain yang sesuai dengan bisnis kita ?
Sesuaikan dengan bisnis
Nama domain dibeli oleh sebuah bisnis dengan tujuan sebagai alat branding. Nama domain ini akan sangat bermanfaat untuk pemasaran bisnis anda. Memilih sebuah nama domain, tidak harus aneh ataupun unik, yang nama domain ini nanti akan digunakan sebagai branding, itu sebabnya nama domain haruslah mudah diingat dan juga menggambarkan bisnis anda. Anda harus mempertimbangkan kata-kata yang bermakna dan memiliki daya tarik masa ketika ingin membuat sebuah nama domain. Nama domain bisa menjadi sebuah identitas dari bisnis kita yang tergambarkan melalui website yang kita miliki.
Simple dan Berhubungan
Sebuah nama domain memang dibuat untuk memberikn identitas kepada website kita, tapi pembuatan nama domain tidak haruslah panjang dan lengkap, seperti nama lengkap anda atau perusahaan anda. Nama domain sebaiknya pendek, berhubungan dan tentu saja mudah diingat. Pembuatan nama domain minimal 3 huruf dan tidak boleh lebih dari 63 karakter. Nama domain yang anda buat harus berhubungan dengan website anda dan tentu saja mudah diingat oleh orang banyak.
Pertimbangkan penggunaan ekstensi
Nama domain yang satu dengan yang lain dapat diperhatikan perbedaannya dari penggunaan ekstensi pada domainnya. Lebih dari 100 ekstensi domain dengan masing-masing kegunaan, yang bisa dipilih untuk melengkapi dan menyesuaikan kebutuhan domain anda. Sampai saat ini penggunaan ekstensi .com masih mendominasi penggunaan ekstensi lainnya. Selain itu masih ada banyak ekstensi nama domain yang umum digunakan, seperti .net, .org, .info, .co dan .co.id. Ekstensi ini bisa membantu anda dalam menjelaskan dan mendefinisikan apa perusahaan anda.
Nama domain yang unik
Keunikan pembuatan nama domain yang hanya ada satu di seluruh dunia, membuat anda mampu memanfaatkan nama domain sebagai pelindung bagi merek dagang anda. Dengan memiliki nama domain dan nama merek yang sudah pasti, anda bisa mematenkannya pada lembaga khusus yang memang sudah disediakan. Nama domain sebagai identitas bisnis anda , dan juga sebagai pelindung nama merek anda. Anda juga bisa saja menggugat siapa saja yang menggunakan nama yang sama dengan bisnis atau domain anda, asalnya nama merek anda sudah didaftarkan dan nama anda sudah mejadi milik anda.
Domain merek pribadi
Bisa dibilang ini adalah sebuah hak paten atas suatu benda. Da kali ini adalah sebuah nama domain. Nama domain yang menggambarkan merek pribadi anda tentu saja sudah menjadi hak paten anda. Mendaftarkan nama domain anda sendiri adalah cara yang baik untuk membangun merek pribadi anda, bahkan jika anda belum siap dengan produk anda, andasudah memiliki nama domain atas nama produk anda tersebut. 
Lebih Kreatif
Memilih nama domain haruslah yang menggambarkan diri anda dan merek bisnis anda. Salah satunya kuncinya adalah berfikir lebih kreatif dari biasanya. Semakin kreatif maka semakin membuat domain kita berbeda dan mudah untuk dikenali. Salah satu contohnya yaitu microsoft, yang memiliki pencampuran dua bagian yang berbeda secara bersama-sama menjadi satu. Sama halnya dengan salah satu merek, yaitu jagoanhosting, ini juga merupakan pencampuran 2 unsur yang berbeda menjadi satu. Kreatifitas akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis anda, salah satunya ketika memilih sebuah nama domain untuk website anda.
Hindari menggunakan tanda penghubung
Nama domain yang unik bukan berarti harus rumit dan sulit dieja. Salah satu yang digunakan oleh pemilik website adalah, mencantumkan tanda hubung pada penulisan domain mereka. Nama domain yang menggunakan tanda penghubung tidak memiliki branding dan sangat sedikit memiliki nilai SEO. Tanda hubung mengurangi kredibilitas dan dapat bertindak sebagai indikator spam, sehingga sulit untuk mendapatkan link. Tanda baca menyebabkan hilangnya link yang ada, karena orang tidak mudah untuk mengingat tanda hubung yang digunakan.
Periksa ketersediaan nama domain
Ada atau tidak nama domain yang anda inginkan tentu saja harus dicek terlebih dahulu. Ini mengantisipasi kekecewaan anda ketika ingin membeli nama domain, dan ternyata nama domain tersebut sudah di klaim oleh orang lain. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk untuk melihat ketersediaan nama donain adalah dengan melihatnya di situs tertentu, seperti who.is. anda hanya tinggal memasukkan nama domain yang anda maksud atau anda inginkan. Tidak lama lagi, anda akan tahu apakah nama domain anda masih tersedia atau sudah menjadi milik orang lain. Jika anda tidak tahu bagaimana caranya, anda bisa mendatangi sebuah penyedia nama domain dan menanyakan tentang nama domain yang anda inginkan.

No comments