Belajar Membuat Foto Panning

,

Baca Juga :


Panning adalah teknik fotografi yang “membekukan” objek bergerak sekaligus menangkap motion blur sebagai latar belakangnya untuk memberikan kesan bergerak bagi orang yang melihat hasil fotonya. Jadi, ada kerja terbalik dalam foto panning; objek bergerak menjadi diam, dan objek yang diam tampak bergerak. Motion blur pada background menentukan kualitas sebuah foto panning seperti juga setajam apa objek bergeraknya bisa tertangkap. Meskipun terlihat mudah, teknik ini memerlukan banyak latihan untuk bisa dikuasai. Beberapa tips berikut bisa diterapkan untuk belajar membuat foto panning yang bagus:
Gunakan slow shutter speed. Tentunya diperlukan beberapa kali percobaan sebelum mendapatkan shutter speed yang benar untuk teknik ini, tergantung pada seberapa cepat gerakan objek yang akan difoto. Intinya, kamu perlu mengatur shutter speed supaya cukup pelan untuk membuat motion blur tapi tidak terlalu lambat juga sehingga kamu bisa mengimbangi kecepatan objek. Untuk ini, kamu bisa mengatur slow shutter speed pada mode S atau buka aperture kecil pada mode A.
Gunakan flash atau strobe untuk menghentikan gerakan objek. External flash yang dipasang pada hot shoe kamera juga bisa digunakan untuk member fill-light pada objek.
Gunakan fokus manual dan antisipasi. Perkirakan dimana kira-kira objek yang akan kamu foto melintas. Atur fokus yang pas untuk jarak yang sudah diperkirakan tadi. Ingat untuk menggunakan bukaan kecil pada aperture untuk mendapatkan gambar yang tajam. Gunakan juga tripod atau monopod untuk menstabilkan level kamera kalau kamu tidak yakin dengan tanganmu.
Memotretlah di tempat yang tidak terlalu terang. Ini hanya berlaku jika kamu memotret di siang hari saat matahari bersinar terik. Usahakan untuk mencari spot dimana objekmu akan masuk dalam bayangan supaya cahaya tidak terlalu terang, sehingga shutter speed pada kamera bisa diatur pelan supaya motion blur bisa dihasilkan. Membuat panning di malam hari akan lebih mudah.
Yang terpentingIkuti gerakan objek sepanjang track. Panning adalah tentang gerakan. Kamu harus menggerakkan kameramu mengikuti objek untuk teknik ini. Arahkan kamera ke titik kedatangan objek (apakah itu dari kiri ke kanan atau sebaliknya) tekan shutter button separuh jalan, lalu ikuti gerakannya sampai ke titik dimana kamu ingin menghentikannya, tekan shutter button sepenuhnya, dan terus ikuti objek sampai keluar dari titik kepergian. Ini akan mengaburkan background tapi terpaku pada objek bergeraknya.

No comments