Waktu yang Ideal untuk Panaskan Motor

,

Baca Juga :


 Depok - Karena kesibukan dipagi hari, banyak orang tidak sempat memanaskan sepeda motornya. Padahal, mereka tahu persis bahwa langsung menyalakan motor dan menjalankannya adalah hal yang salah. 

Menyalakan motor berguna untuk mendistribusikan oli ke seluruh bagian mesin, setelah semalaman penuh dimatikan. Hal ini diungkapkan oleh Dikky Sudrajat, Kepala Mekanik AHASS Kukusan, Depok, saat ditemui Liputan6.com. 

"Masalahnya, kalau motor langsung dijalankan, olinya belum terdistribusi ke semua bagian, masih mengendap di bawah, jadi tidak bagus karena beban gesekan besar," kata Dikky, Rabu (7/10). 

Ia kemudian membeberkan risiko yang bisa terjadi pada motor, jika perilaku ini terus dilakukan pemiliknya. "Bagian dalam mesin biasanya ada yang kena. Bisa jadi aus, dan atau sehernya baret," tambahnya. 

Jika sudah rusak, maka penggantian bagian tersebut bisa memakain biaya hingga ratusan ribu rupiah. Satu set seher bisa mencapai harga Rp 700 hingga 800 ribu.

Karena itu, ia menganjurkan pemilik sepeda motor untuk memanaskan motornya sekira 5 hingga 10 menit sebelum digunakan. "Tapi jangan terlalu lama juga, karena mesin terlalu panas saat motor diam juga tidak baik," tutupnya.
(rio/ian)

No comments