Microsoft Tuntut Pemerintah

,

Baca Juga :

ashington - Microsoft menuntut pemerintah AS atas hak untuk memberitahu penggunanya jika agen federal ingin mengakses data pribadi.
.
Menurut Microsoft, merahasiakan permintaan akses data bertentangan dengan Konstitusi AS, yang menyatakan bahwa individu harus diberitahu jika pemerintah menggeledah atau menyita properti mereka.
.
Microsoft memaparkan ada 5.624 permintaan data dalam 18 bulan terakhir, dan hampir separuh juga dilengkapi dengan perintah pengadilan yang memaksa perusahaan tersebut merahasiakan permintaan tersebut.
.
"Orang tidak menyerahkan hak mereka saat memindahkan informasi pribadi mereka dari penyimpanan fisik ke cloud," kata Microsoft dalam tuntutan hukum, menurut kantor berita
Reuters seperti dikutip BBC News .
.
Microsoft menambahkan bahwa mereka merasa pemerintah mengeksploitasi perpindahan ke penyimpanan di cloud sebagai cara untuk memperluas kekuasaan melakukan penyelidikan rahasia.
.
Sejauh ini, Kementerian Kehakiman AS belum memberikan komentarnya.
Kasus ini adalah contoh terbaru dalam pertentangan antara raksasa teknologi AS melawan pemerintah.
.
Rival Microsoft, yakni Apple, telah meminta Kongres untuk mengambil kepemimpinan dalam isu yang lebih luas soal menyeimbangkan privasi dengan keamanan nasional.
.
Kasus Microsoft berpusat pada UU Privasi Komunikasi Elektronik, undang-undang berusia 30 tahun yang dianggap oleh beberapa perusahaan teknologi sudah ketinggalan zaman dan disalahgunakan.
.
Dalam tulisan blog, presiden dan kepala urusan hukum Microsoft Brad Smith mengatakan bahwa menuntut pemerintah AS bukanlah hal yang bisa dianggap ringan.
.
"Kami percaya bahwa, dengan beberapa pengecualian, konsumen dan bisnis berhak tahu saat pemerintah mengakses email atau data mereka," kata Smith.
.
"Namun kini pemerintah AS menjadi semakin sering dalam mengeluarkan perintah yang mengharuskan penyedia layanan email untuk merahasiakan berbagai permintaan hukum ini. Kami melihat ini sudah terlalu jauh dan kami meminta pengadilan untuk menangani situasi ini," imbuhnya.
.
Namun Smith menambahkan, "Kami mempertanyakan apakah perintah-perintah ini berdasar pada fakta spesifik yang menuntut kerahasiaan. Sebaliknya, tampaknya penerbitan perintah kerahasiaan ini menjadi semakin rutin."
.
Electronic Frontier Foundation, lembaga yang mengkampanyekan hak-hak digital, mendukung langkah Microsoft.
.
"Kami menghargai Microsoft karena telah menantang aturan kerahasiaan pemerintah yang mencegah perusahaan berlaku transparan pada pelanggan jika pemerintah mencari data mereka," kata staf pengacara EFF Andrew Crocker.
..
.

No comments