Pemilik Lazada ingin Kuasai Indonesia

,

Baca Juga :


Alibaba baru saja membeli mayoritas saham Lazada sekaligus mengucurkan sejumlah investasi dengan nilai total USD 1 miliar.
.
Bisa ditebak, raksasa bisnis online asal China itu berniat mengincar kue bisnis e commerce di kawasan Asia Tenggara, tentunya termasuk Indonesia.
.
Lazada beroperasi di enam negara Asia Tenggara dan sudah lumayan populer. Yakni di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Ini adalah pondasi kuat bagi Alibaba untuk bersaing di Asia Tenggara.
.
Chairman dan pendiri Alibaba, Jack Ma, memang menargetkan perusahaannya harus meraih setidaknya separuh pendapatan dari pasar mancanegara. Ketergantungan Alibaba saat ini pada pasar China dinilai kurang baik bagi masa depan perusahaan.
.
"Mereka memang memiliki uang tunai besar sehingga bisa melakukan investasi semacam ini.
.
Mereka juga mencari pemicu pertumbuhan jangka panjang," kata Marie Sun, analis di Morningstar Investment Service yang detikINET kutip dari Business Times.
.
Investasi Alibaba ini membuat Lazada bernilai USD 1,5 miliar. Didirikan tahun 2012, Lazada terutama dikenal menjual gadget dan fasion. Di Indonesia sebagai pasar terbesar, mereka antara lain melawan Tokopedia, Blibli atau MatahariMall.
.
Pembelian Lazada membuat Alibaba bisa langsung masuk ke pasar Asia Tenggara yang memiliki potensi sangat besar. "Kalau dari awal, ekspansi ke mancanegara membutuhkan banyak investasi dalam hal logistik dan Alibaba butuh waktu jauh lebih lama," ucap Li Yujie, analis di RHB Research Institute Sdn.
(Sumber : Detik)