Tips Turunkan Penggunaan Data Android & iPhone

,

Baca Juga :

CALIFORNIA - Pengguna mungkin merasa konsumsi data setiap harinya selalu bertambah dan terasa boros. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi konsumsi data pada ponsel Android dan iPhone, seperti dilaporkan Telegraph , Minggu (10/4/2016).
.
Ubah ke WiFi
.
Beralih menuju konektivitas WiFi jelas menghemat konsumsi data saat browsing atau berselancar di dunia maya. Dengan demikian, Anda tidak perlu takut bila kuota pemakaian data Anda cepat terkuras.

Periksa Pengaturan

Menu pengaturan pada smartphone memungkinkan pengguna memeriksa aplikasi mana saja yang mengakses data. Anda dapat menerapkan pengaturan untuk menghentikan aplikasi yang memakan data.
.
Pada iPhone, buka Settings, kemudian Mobile Data untuk melihat aplikasi yang diizinkan menggunakan data. Matikan aplikasi tersebut bila tidak digunakan.
.
Pada Android, buka Settings, kemudian Data Usage, lalu buka setiap aplikasi yang diinginkan untuk Anda matikan.
Sinkronisasikan Playlist Anda
.
Bila Anda pengguna Apple Music atau Spotify, pastikan Anda telah menyinkronisasikan playlist Anda ke ponsel. Sehingga, Anda bisa mendengarkan musik secara offline.
.
Matikan Refresh Aplikasi Background
.
Bagi pemilik iPhone, mematikan fitur refresh aplikasi background bisa dilakukan dengan cara Settings, General dan matikan fitur refresh tersebut untuk keseluruhan atau memilih aplikasi tertentu. Ini juga bisa membantu menghemat baterai Anda.
.
Pasang Peringatan Data
.
Pengguna bisa melihat seberapa banyak data yang dipakai pada Android dan iOS. Untuk Android, pengguna bisa mengakses Wireless & Networks dan pilih Data Usage untuk memeriksa konsumsi data. Aktifkan Set Mobile Data Limit untuk memunculkan peringatan bila kuota Anda mencapai batas yang ditentukan.
.
Matikan Data
.
Mematikan atau turn off data bisa menjadi cara ampuh agar sama sekali pengguna tidak menggunakan data. Mematikan data mungkin menyulitkan Anda saat ingin membalas email atau pesan hingga menemukan koneksi WiFi.
.
.

No comments