Alasan WhatsApp Tutup Dukungan untuk BlackBerry dkk

,

Baca Juga :

California - Dukungan WhatsApp untuk perangkat Blackberry, Nokia, dan perangkat dengan sistem operasi lawas akan ditutup per akhir tahun 2016.

Merujuk pada unggahan blog resmi WhatsApp, alasan penutupan dukungan untuk sistem operasi lawas tersebut lantaran WhatsApp ingin berfokus pada pengembangan di perangkat yang banyak digunakan di seluruh dunia.

"Seiring dengan pandangan kami ke tujuh tahun yang akan datang, kami ingin berfokus pada platform yang digunakan luas di dunia. Jadi pada akhir 2016 kami akan menghentikan dukungan ke perangkat-perangkat lawas," demikian keterangan WhatsApp Selasa (1/3/2016).

Dalam keterangan tersebut juga dikatakan, saat perusahaan memulai WhatsApp pada 2009 lalu, pengguna ponsel sangat berbeda dengan saat ini. Saat itu 70 persen pengguna ponsel rata-rata menggunakan perangkat BlackBerry dan Nokia. Namun, kini 99,5 persen penjualan dikuasai oleh perangkat Google, Apple, dan Microsoft.

Meski begitu, WhatsApp yang saat ini ada di bawah naungan Facebook menyatakan keputusan penutupan layanannya di beberapa OS itu merupakan hal yang berat untuk dilakukan.

"Keputusan tersebut sangat berat, tetapi hal ini kami lakukan untuk membuat banyak orang saling terhubung dengan orang-orang terkasih," ujar WhatsApp.
Adapun beberapa sistem operasi yang menjadi 'korban' penutupan dukungan WhatsApp adalah BlackBerry termasuk BlackBerry 10, Nokia S40, Nokia S60, Android 2.1 dan Android 2.2, dan Windows Phone 7.1.

No comments