Waspada, Daging Merah Bisa Jadi Bahaya untuk Anda

,

Baca Juga :

Jakarta Daging merah bisa dibilang adalah primadona dunia kuliner. Rasanya yang kaya memungkinkan ratusan variasi dalam pengolahan dan penyajiannya. Tapi, mengonsumsi daging ini terlalu banyak ternyata malah bisa berbahaya untuk Anda.
.
Mengutip NHS, Minggu (24/4/2016), definisi daging merah meliputi daging sapi, daging domba, babi, daging sapi muda, daging rusa, kambing.
.
Tapi tidak termasuk daging kalkun, bebek, angsa, burung, ayam, kelinci dan daging olahan termasuk sosis, bacon, ham, salami dan pate.

Daging merah memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, banyak peneliti yang yakin, tubuh manusia pada dasarnya memang dirancang untuk mengonsumsi daging merah, jadi menghentikan pengonsumsiannya dapat mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh.
.
Tapi, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya berlebihan. Terlalu banyak makan daging merah dapat meningkatkan risiko infeksi cacing pita, dan bahkan bisa berujung pada kanker.
.
Batas Harian
.
Agar terhindar dari penyakit, dianjurkan untuk tidak melebihi batas konsumsi maksimal yakni 90 gram daging merah atau daging olahan per hari. 90 gram itu setara dengan tiga iris tipis potongan daging sapi panggang, domba atau babi.
.
Sedangkan bagi Anda yang memiliki risiko penyakit lain, dianjurkan untuk mengonsumsi daging tidak lebih dari 70 gram per hari.
.
Lantas bagaimana dengan batasan konsumsi daging untuk anak-anak?
Anak-anak tidak perlu mengonsumsi daging sebanyak orang dewasa. Dan jumlah atau takarannya disesuaikan dengan usia dan ukuran tubuhnya.

No comments