Kanjuruhan Sepi, Salah Siapa ?

,

Baca Juga :



FAUZYMUFC - Arema kembali berhasil memetik poin penuh kala menjamu Perseru Serui di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (22/7) malam. Namun di balik kemenangan yang sangat berharga karena mengembalikan Arema ke puncak klasemen sementara hingga pekan ke-11 ISC A 2016 itu, Stadion Kanjuruhan tampak sepi penonton. Kenapa? Mengapa? Dan salah siapa yang menyebabkan Kanjuruhan sepi penonton? Mengapa seolah-olah animo para masyarakat Malang Raya terutama Aremania menurun dan tidak seperti biasanya?
Mungkin, sebagian besar Aremania mempermasalahkan (atau bahkan hanya sebagian kecil) waktu kick off. Ya, jadwal pertandingan memang sempat menjadi kambing hitam dalam hal ini. Jam di mana kita seharusnya sudah berada di kamar dengan sekedar tidur-tiduran santai atau bahkan ada yang sudah tidur dan kali ini di jam tersebut harus beranjak ke stadion. Apalagi ditambah dengan hawa dingin Kota Malang, pastilah hampir sebagian besar Aremania lebih memilih menonton di layar kaca tentunya. Belum lagi jarak rumah ke stadion yang jauh, itu bisa menjadi salah satu faktor yang sangat diperhitungkan oleh para Aremania.
Masalah lainya (mungkin) karena jadwal ISC yang kerap berubah. Semisal, Arema harus main away tetapi diubah menjadi home terlebih dahulu. Ya, ini memang keuntungan untuk tim karena diuntungkan bermain di hadapan suporternya sendiri. Namun (mungkin) tidak menguntungkan bagi para Aremania, terutama Aremania Halokes (yang masih berstatus pelajar). Harga tiket yang bisa dikatakan lumayan mahal bagi para pelajar mungkin menjadi masalah tersendiri bagi mereka. Intensitas laga home yang terlalu sering dengan jarak yang terlalu dekat (biasanya hanya selang 2-3 hari saja) menjadi biang masalah bagi mereka (baca: Aremania yang berstatus pelajar). Ya, benar. Bagaimana cara mendapatkan 'duit' untuk menonton laga Arema berikutnya?
Faktor lainya mungkin rasa bosan. Yap, benar sekali. Rasa bosan bisa menghinggapi siapa pun bahkan para Aremania sekali pun. Karena Arema (mungkin) terlalu sering bermain home bisa jadi menjadi alasan mereka untuk tidak menonton Arema karena bosan. Bukan bosan kepada klubnya atau pun pemainnya namun bosan lantaran terlalu sering. Ya, tidak bisa dipungkiri hingga pekan ke-11 ISC, Arema baru memainkan empat laga away, yakni ke Tenggarong (vs Mitra Kukar), ke Makassar (vs PSM), ke Lamongan (vs Persela) dan ke Bangkalan, Madura (vs Madura United).
Mungkin beberapa faktor di atas adalah faktor kenapa dan mengapa Stadion Kanjuruhan sepi penonton. Sebelumnya di laga menghadapi Semen Padang juga animo masyarakat terutamaAremania menurun. Selain faktor terlalu malam, jarak bermain yang terlalu dekat hingga rasa bosan karena terlalu sering mungkin menjadi sebab para Aremania enggan datang ke Kanjuruhan secara langsung.

No comments